Rabu, 09 Desember 2009

Japan iCAFF 2009 di Jiffest - ternyata animasi di jepang itu...

Kemarin mozz dapet undangan dari Japan Foundation buat hadir di pemutaran iCAF di Jiffest di Blitz Megaplex, Grand Indonesia. Mozz sendiri dateng bareng teman2 mozz, mas murdhi dan mas erwin, dan mozz mo cerita nih apa yang mozz dapet dari acara ini, karena menurut mozz apa yang mozz dapet ini bisa menginspirasi teman2 semua.

Apaan sih iCAF ? iCAF adalah singkatan dari interCollege Animation Festival, ini adalah festival tahunan yang menampilkan karya-karya animasi para mahasiswa di jepang. Festival ini diadain oleh Tokyo Zokei University, Tokyo Polytehnic University, Tama art university dan Musashino Art University. Nah film2 yang diputar di blitz ini merupakan gabungan dari beberapa film yang ada di dalam festival tadi. Gak banyak memang, karena seperti yang kalian tahu, blitz itu kan bioskop dan bioskop untuk satu teater kan cuma punya waktu putar hanya 1,5 jam paling lama. Nah jadilah gak semua film bisa kita tonton, hanya sekitar 20 film animasi aja.

Lalu setelah nonton, ada diskusi bareng Mr. Tokumitsu Kifune, dia adalah seorang profesor di Tokyo Zokei University. Dia sendiri adalah salah satu ahli animasi dan pembuatan game di sana, keren ya... Mozz sendiri sempat berkenalan dan ngobrol bareng Mr. Kifune ini... (hihihi jangan pada ngiri ya...)

Di dalam diskusi bareng Mr. Kifune ini banyak banget hal2 yang baru mozz tahu loh, misalnya ketika mas Murdhi teman mozz bertanya "kenapa sih banyak banget yang diputar itu modelnya pake stop motion?"
Lalu dia menjawab kenapa kebanyakan mahasiswa di jepang menggunakan stop motion karena alat-alatnya begitu mudah dan murah, mereka hanya membutuhkan kamera digital yang notabene di jepang itu gampang banget dapetinnya, dan digabungin ke dalam software, selesai deh. Dan yang paling bikin mozz kaget adalah tidak semua film animasi yang diputar disini itu menggunakan versi anime, banyak juga yang model2 indie... keren banget, jadi bisa dibilang di jepang perkembangan animasinya gak melulu tentang anime dan manga, walaupun anime dan manga adalah akar budaya dan inspirasi bagi seluruh animator disana.

Oya ada satu pernyataan yang sangat mengagetkan mozz, ternyata perkembangan animasi disana pada awalnya adalah karena kemauan para animator-animator disana untuk kompak dan satu tekad untuk memajukan animasi bukan karena yang lain, nah ini yang harus ditiru oleh kita-kita disini.

Nah di akhir acara, ibu Diana wakil dari Japan Foundation mengatakan kepada seluruh penonton, bahwa jika animasi di Indonesia mo maju, maka kita semua harus kompak, perlihatkan kepada dunia bahwa animator Indonesia itu hebat melalui apapun, publish ke internet, ikutan kompetisi, putar di berbagai festival, nah kalo sudah ngetop pasti semua orang akan melihat bahwa animasi itu bisa memberikan sesuatu untuk negara, karena pada saat ini seperti yang teman2 tahu, banyak sekali permasalahan di negara kita yang belum selesai. Jadi gak ada salahnya kalo kita share sesuatu ke dunia yang bisa bantu negara ini.
Jadi maksudnya adalah, kita bantu negara ini melalui animasi. Lagian kan gak ada salahnya kita bareng2 bantu negara kita untuk lebih ngetop di luar kan???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar