Sabtu, 19 Desember 2009

Apa sih yang dimaksud dengan maskot

Kemarin ketika mozz chat dengan beberapa teman, mereka penasaran siapa sih mozz. Mozz selalu menjawab bahwa mozz adalah maskotnya Digital Studio, dan rata2 mereka gak pernah tahu apa itu "maskot", sebenarnya mozz sedih banget pada gak tahu apa itu maskot, padahal tiap hari mereka melihat maskot, misalnya es krim Walls ada paddle pop berbentuk singa, lalu ada piala dunia dengan maskot bernama Zakumi yang merupakan seekor macan tutul dan masih banyak lagi.

Tapi karena mozz memang diciptain untuk jawab pertanyaan semua teman2 tentang desain dan animasi, maka mozz coba cari tahu definisi dari maskot.
Nah menurut wikipedia,

Maskot adalah bentuk atau benda yang dapat berbentuk seseorang, binatang, atau objek lainnya yang dianggap dapat membawa keberuntungan dan untuk menyemarakkan suasana acara yang diadakan. Maskot pada umumnya merepresentasikan kepada masyarakat luas dari sekolah, universitas, klub olah raga, ataupun pengembangan atas suatu produk komersial. Setiap maskot yang dibuat akan diberikan nama panggilan yang sesuai dengan karakter dari maskot itu sendiri.

Penggunaan atas maskot sekarang telah semakin meluas dengan selalu digunakan dalam setiap acara olah raga di dunia ini, seperti Piala Dunia maupun Olimpiade sebagai bagian dari promosi dari acara olah raga saat ini. Pemilihan atas maskot akan disesuaikan dengan karakter dari acara yang akan dibuat ataupun dari organisasi, klub, maupun lembaga yang akan menggunakan maskot sebagai alat untuk berpromosi.

Nah kira-kira teman2 sudah mengerti tentang arti dari maskot????

2 komentar:

  1. Maskot memang sangat penting bagi suatu produk/brand. Dengan maskot, akan lebih mudah dikenali oleh calon konsumen yang potensial.

    Maskot juga dapat digunakan dalam berbagai bentuk sebagai ajang promosi seperti merchandise, website, dan kostum.

    BalasHapus